KOMPETENSI LULUSAN

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung  lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
  • Kompetensi utama lulusan
Kompetensi Pedagogik

1.       Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
2.          Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3.          Menguasai pendekatan dalam proses pembelajaran
4.          Mengembangkan  kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
5.          Menyelenggarakan pembejaran yang mendidik
6.          Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
7.          Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
8.          Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
9.          Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembejaran

Kompetensi Kepribadian

  1.  Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, social,dan kebudayaan Nasional Indonesia
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, jujur, dan berakhlah mulia serta menjadi teladan bagi masyarakat
  3. Menunjukkan komitmen, etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa percaya diri terhadap tugas
  4. Menjunjung tinggi kode etik profesi.

Kompetensi Sosial

  1. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosil ekonomi
  2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesame pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
Kompetensi Profesional
  1. Menguasai materi,struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan mata pelajaran yang diampuh
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
  3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampuh secara kreatif
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri
  • Kompetensi pendukung lulusan

1.    Penguasaan Teknologi Pendidikan
Memahami subtansi dan metodologi teknologi pendidikan, menguasai hal-hal dasar dalam teknologi pendidikan mencakup pembelajaran berbasis E-learning, Difusi dan Inovasi Pendidikan, dan Pengantar Teknologi Pendidikan .
2.    Pemahaman tentang Media Pembelajaran
Pemahaman tentang media pembelajaran mengarah pada kemampuan lulusan dalam merancang media pembelajaran khususnya penguasaan hal-hal yang mencakup produksi media baik media sederhana maupun media yang berbasis ICT.
3.    Pemahaman Profesi Kependidikan
Pemahaman strategi pembelajaran secara lebih rinci dan utuh yang mengacu pada pembentukan sikap, nilai serta keterampilan baik emosional-sosial maupun kognitif dan psikomotorik.
4.    Pengembangan kepribadian dan keprofesionalanPemrakarsa dan bertanggung jawab menjajaki berbagai cara perolehan informasi untuk mengembangmutakhirkan kemampuan secara mandiri sebagai pekerja profesional maupun sebagai   pribadi.

 
  • Kompetensi lainnya/pilihan lulusan 
 
1.      Penguasaan Bidang ilmu
Memahami substansi kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan utuh pendidikan peserta didik yang muatan keterampilannya dapat diakomodasi oleh tenaga pendidik dan kependidikan dalam hal ini termasuk kelompok bidang ilmu: Al Islam Kemuhammadiyahan, Keterampilan Bahasa Inggris, dan Keterampilan Komputer.
2.      Pemahaman peserta didik
Pengidentifikasian bakat, minat dan keterampilan peserta didik
3.      Pembelajaran yang mendidik
Pemahaman metode pengajaran perilaku dan norma-norma sesuai dengan tingkatan usia peserta didik. Pengelolaan kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung pembelajaran demi terciptanya tujuan utuh pendidikan
4.      Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan 
    Pemanfaatan sumber dan sarana belajar yang mutakhir, termasuk penggunaan kemajuan  teknologi informasi yang berbasis ICT untuk pertumbuhan dan pengembangan kepribadian.